7 Tanaman Obat Keluarga Wajib Ada di Pekarangan

7 Tanaman Obat Keluarga Wajib Ada di Pekarangan - Saat ini tanaman obat mulai banyak dilirik dan masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan pada anak maupun orang dewasa. Pemerintah juga semakin gencar mempromosikan untuk menggunakan dan menanam tanaman obat di pekarangan rumah yang biasa disebut TOGA (Tanaman Obat Keluarga), agar tanaman obat tersebut mudah didapatkan ketika anggota keluarga mengalami masalah kesehatan ringan yang bisa di obati dengan tumbuhan obat.

Nah, berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang wajib ada dan sangat dianjurkan untuk ditanaman di lahan pekarangan rumah, mengingat manfaat dan kegunaannya.

Cocor Bebek

Saat ini tanaman obat mulai banyak dilirik dan masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan pada anak maupun orang dewasa. Pemerintah juga semakin gencar mempromosikan untuk menggunakan dan menanam tanaman obat di pekarangan rumah yang biasa disebut TOGA (Tanaman Obat Keluarga)
Cocor bebek merupakan jenis tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di pekarangan Anda, tanaman ini sangat senang dengan air, tetapi bukan berarti harus ditanamn di air. Kandungan air yang banyak pada daun tanaman ini membuat orang-orang dulu biasa memanfaatkannya sebagai obat demam (obat kompres).
Lebih lanjut, berikut ini beberapa khasiat tanaman cocor bebek yang perlu Anda ketahui dan cara pemanfaatannya.

Antipiretika (Obat Penurun Demam)
Sangat baik digunakan untuk menurunkan demam pada si kecil. Caranya sangat mudah ambil 1 lembar daun cocor bebek, bersihkan, kemudian memarkan, dan langsung letakkan di dahi anak sebagai obat kompres, ini akan membuat anak merasa nyaman dan demamnya akan reda.

Obat Alami Untuk Ambeien
Cocor bebek juga sering digunakan sebagai obat ambein dengan cara yang cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun cocor bebek yang sudah tua, cuci bersih dan keringkan di terik matahari, tumbuk sampai lembut seperti bubuk teh, selanjutnya ambil 1 sendok makan dan seduhlan dengan air panas, jangan lupa tambahkan madu sedikit untuk memberi rasa. Komsumsi/minum ramuan ini tiga kali sehari.

Anti Asma
Teh dari daun cocor bebek juga sangat baik untuk penderita asma, caranya cukup diseduh dengan air panas satu gelas (sekitar 125 cc) minum secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Sebagai Antibiotik dan Antimemar.
Bila Anda mengalami luka memar akibat benturan dengan benda tumpul, daun cocor bebek sangat bermanfaat untuk mengobati memar dan mencegah terjadinya infeksi pada luka. Cara penggunaannya sangat simpel, tinggal kompres bagian luka dengan daun cocor bebek, dan diamkan beberapa waktu, sampai daun cocor bebek tampak kering dan layu. Ulangi hingga beberapa kali.

Daun Sirih

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih, tumbuhan yang hidupnya biasanya menumpang dan merambat didahan pohon, telah digunakan secara turun-temurun dan memiliki khasiat yang luar biasa. Apa saja khasiatnya? Beberapa diantaranya di jelaskan berikut ini.
  1. Air rebusan dapat digunakan untuk membersihkan mata dari kotoran dan membuat mata lebih fresh.
  2. Daun sirih juga dapat mengobati bau ketiak yang membandel, gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.
  3. Daun sirih hijau juga dapat digunakan sebagai obat herbal keputihan dengan cara merebus daun sirih jijau secukupnya, gunakan untuk membasuh Miss “V”.
  4. Jika Anda menderita sariawan, gunakan daun sirih dnegan cara dikunya sampai lumat atau jika Anda tidak tahan, dapat berkumur-kumur dengan air rebusan daun sirih.
  5. Sebagai obat luka bakar, caranya ambil beberapa lembar daun sirih, panaskan sebentar hingga layu, setelah itu tempelkan pada luka bakar.
  6. Menghilangkan bau mulut, dengan cara dibuat sebagai obat kumur dari hasil rebusan daun sirih.
  7. Sangat baik untuk menghentikan mimisan, caranya remas daun sirih hingga memar, kemudian gulung, dan sumbatkan pada bagian hidung yang mimisan.
  8. Sebagai obat gatal-gatal pada kulit. Caranya tumbuk daun sirih hijau secukupnya, kemudian balurkan pada bagian kulit yang gatal, ulangi beberapa kali sampai hasil yang maksimal.
  9. Sebagai obat radang tenggorokan. Caranya gunakan rebusan daun sirih hijau sebagai obat kumur dan lakukan minimal 3 kali sehari.
  10. Dengan minum air rebusan daun sirih dapat mengatasi masalah hadi pada wanita ( haid tidak teratur dan tidak lancar).

 

Temu Lawak

Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Untuk manfaat lebih lengkap silahkan baca di sini.

 

Seledri

Rasanya tanaman yang satu ini sangat familiar bagi kita, selain enak dipakai sebagai penyedap rasa ternyata seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dll.
Salah satu manfaat  seledri bisa dipakai sebagai Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi.


Jambu Biji

Tanaman jambu biji banyak tumbuh hampir di seluruh Indonesia. Penduduk kebanyakan mementingkan buahnya, tetapi daun-daunnya pun ternyata mempunyai nilai obat yang baik. Daun-daun jambu biji berkandungan zat penyamak, minyak atsiri berwarna kehijauan yang mengandung egenol, minyak lemak, damar, dan garam-garam mineral. Daun jambu biji berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit mencret dan astringensia. Cara menggunakan cukup mudah untuk penyakit diare, ambil beberapa pucuk daun muda jambu biji, kemudian kunyah daun dengan sedikit garam, telan airnya. Gunakan beberapa kali hingga diare reda atau berhenti.

Pepaya

Tanaman pepaya tumbuh dan banyak ditemukan di berbagai daerah ditanah air kita. Daun Pepaya pada umumnya kita makan sebagai lalap  atau disayur. Adapun kandungan zat yang terdapat pada daun pepaya, antara lain alkoida karpin, glukosida, karposioda, sedikit damar, dan lazin proteolitik papain.
Daun Pepaya berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan demam, disentri, dan sebagai penambah semangat dengan dosis minimal 0,5 mg sampai 4 gram.Baca posting sebelumnya " sejuta khasiat dan manfaat pepaya "

Daun Dewa

Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa mengandung minyak atsiri, saponin dll. Daun Dewa bida digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar dan Penurun Darah Tinggi.

Demikian 7 jenis Tanaman Obat Keluarga yang di rekomendasikan untuk ditanam dihalaman pekarangan, dapat di sesuaikan dengan luas halaman pekarangan, atau tanaman obat ini bisa juga di budidayakan dengan menggunakan pot atau bahkan dengan media lainnya. Semoga ada manfaat.