Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ramuan Herbal Untuk Penyakit Beri-Beri

Penyakit beri-beri biasanya ditandai dengan kaki sering kesemutan dan terasa lemas, tumit terasa pegal, merasa berat ketika berjalan, selera makan berkurang, jantung berdebar-debar, mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, dan sering merasa sesak napas.

Penyakit beri-beri biasanya ditandai dengan kaki sering kesemutan dan terasa lemas, tumit terasa pegal, merasa berat ketika berjalan, selera makan berkurang, jantung berdebar-debar, mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, dan sering merasa sesak napas

Tanaman herbal yang dapat membantu menyembuhkan beri-beri salah satunya adalah beras merah yang diramu dengan herbal lain seperti kacang hijau dan biji jali. Beras merah merupakan sumber yang baik untuk zat besi atau mangan. Mangan, yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh merupakan komponen penting dari enzim dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang umumnya terbentuk saat energi diproduksi. Selain itu, beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan zat besi atau mangan, zinc juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh.

Berkikut ini adalah cara sederhana membuat ramuan herbal dengan menggunakan beras merah dan beberapa tanaman lain untuk membantu menyembuhkan penyakit beri-beri.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  • 125 gr beras merah.
  • 125 gram kacang hijau.
  • 125 gram biji jali.
  • Gula pasir secukupnya.

Cara Membuat Ramuan

  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Masaklah bahan-bahan tersebut sehingga menjadi bubur.
  3. Tambahkan gula sesuai selera.
  4. Sajika ramuan ini untuk sekali komsumsi.
  5. Komsumsi bubur tersebut setiap hari.
Sumber Gambar : shutterstock.com