Bai Jiang Cao : Cina Herbs Berkhasiat Obat

Bai Jiang Cao : Cina Herbs Berkhasiat Obat - Herbal ini tidak begitu dikenal di Indonesia, dalam bahasa Cina disebut Bai Jiang Cao. Merupakan familia valerianaceae. Tumbuhan ini tidak banyak dimanfaatkan untuk keperluan lain, kecuali pengobatan tradisional. Rasa herbal ini pahit, tajam dan bersuhu kecendrungan dingin. Kandungan kimia yang terdapat didalamnya adalah daucosterol, stigmasterol, beta-acdysterone, kaempferol, rutin, myrincitrin, kayaflavone, dan amenttpflavone.


Herbal ini tidak begitu dikenal di Indonesia, dalam bahasa Cina disebut Bai Jiang Cao. Merupakan familia valerianaceae. Tumbuhan ini tidak banyak dimanfaatkan untuk keperluan lain, kecuali pengobatan tradisional. Rasa herbal ini pahit, tajam dan bersuhu kecendrungan dingin. Kandungan kimia yang terdapat didalamnya adalah daucosterol, stigmasterol, beta-acdysterone, kaempferol, rutin, myrincitrin, kayaflavone, dan amenttpflavone.
Gambar Bai Jiang Cao

Bekerja pada bagian hati, usus besar dan perut. Berkhasiat untuk mengobati; menurunkan panas; ulcerations, luka internal dan eksternal; menghilangkan racun dan desinfektan; gigitan serangga atau infeksi gigitan ular; mengurangi pembengkakan; bengkak, obstruksi tenggorokan yang menyakitkan, pembentukan tumor; infeksi penyakit pada anak-anak; gangguan kejang pada anak-anak.

Bagian yang digunakan adalah rimpang yang telah dikeringkan. Dosis 3-10 gram, dimasak selama 20 menit.
Herbal ini agak beracun. Dalam dosis normal ada laporan efek samping yang berat. Overdosis (60-90 gram); mual, muntah, diare, pusing, sakit kepala, wajah pucat, penglihatan kabur, sesak, dyspnoe, aritmia, sianosis, reaksi kulit alergi (pemakaian serbuk). Keracunan overdosis dapat menyebabkan mual dan pusing.
Image Source : zizaidermatologyproducts.com