Khasiat Tanaman Herbal Suruhan

Khasiat Tanaman Herbal Suruhan
Khasiat Tanaman Herbal Suruhan - Suruhan ( Peperomia Pellucida ) dikenal dengan beberapa nama daerah seperti, Ketumpangan air, Tumpang air. Herba ini tumbuh tegak dengan akar berbentuk serabut halus. Batang setinggi 20-40 cm, berair, bercabang, bulat, tebalnya sekita 5 mm, warnanya hijau pucat. Daun tunggal, letak berseling, bentuk bundar telur dan ujung meruncing, permukaan atas hijau pucat mengkilap, permukaan bawahnya lebih muda dan agak kelabu. Bunga tersusun dalam rangkaian berbentuk bulir yang panjangnya 1-6 cm, warnanya hijau, diujung  tangkai dan ketiak daun. Buah bulat, ujung runcing, sangat kecil dengan diameter kurang dari 1 mm, tersusun seperti buah lada. Bunga berbentuk bujur dan berwarna hijau ketika muda dan cokelat apabila matang mempunyai minyak sari apabila dimasak.

Kandungan Kimia :

Komponen bioaktif dari peperomia pellucida terdiri dari 5 komponen, meliputi 2 secolignans, 2 tetrahydrofuran lignans, dan satu methoxylated dihydronaphthalenone.

Efek Farmakologis

Peperomia pellucida menunjukkan aktivitas agen antibakteri staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, dan Escheichia coli; ini akan memiliki potensi sebagai suatu spectrum anti biotic.

Cara Pemakaian

Mengurangi bengkak akibat asam urat : Tumbuk halus tanaman suruhan ( peperomia pellucida ) yang masih segar dan sudah dicuci bersih sebanyak 60 gr. Balurkan pada bagian yang sakit.