Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Tanaman Herbal Ajeran

Khasiat Tanaman Herbal Ajeran
Ajeran ( Bidens pisola L. ), famili : Asteraceae, termasuk tumbuhan liar dan dapat Anda jumpai dipinggir jalan, kadang-kadang juga ada yang ditanam di halaman rumah. Tumbuhan ini tergolong terna, tingginya dapat mencapai 150 cm, batangnya membentuk segi empat, berwarna hijau. Daun bertiga-tiga, masing-masing berbentuk bulat oval atau telur, pinggirnya bergerigi. Bunga mempunyai tangkai yang panjang. Mahkota bunga berwarna putih dengan putik berwarna kuning keemasan. Bagian yang biasanya dimanfaatkan adalah seluruh bagian tumbuhan yang berada diatas tanah.

Sifat yang khas dari tanaman ini adalah bersifat mendinginkan, rasa pahit, dan melancarkan peredaran darah, adapun khasiatnya adalah sebagai antiinflamasi ( anti radang ), antiseptik dan antipiretik ( menurunkan demam ).

Senyawa kimia : Alkaloid poliina, saponin, zat pahit, minyak atsiri, dan zat samak.

Cara Pemanfaatan :

  • Demam, perncernaan tidak baik, nyeri persendian, influenza, dan wasir : gunakan herba anjeran lebih kurang 3 gram, dan babakan pule sebanyak 200 mg, daun sembung 3 gram, daun poko 2 gram, serta tambahkan air sebanyak 130 ml. Cara pembuatannya dalah dengan dibuat infus atau diseduh, setelah dingin dapat diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, pengobatan dapat diulang hingga mendapatkan kesembuhan.
  • Usus Buntu : Penyakit usus buntu harus segera ditangani oleh dokter. Bila karena sesuatu hal, dokter belum dapat ditemui, ramuan ini dapat digunakan.  Ambil Herba Ajeran sebanyak 5 gram, dan air sebanyak 120 ml, kemudian diseduh atau dapat juga dibuat pil, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore sebanyak 100 ml, atau jika berbentuk pil dapat diminum 3 kali sehari sebanyak 9 pil. Lama pengobatan dapat diulang hingga 20 hari