Ini Dia Khasiat dan Manfaat Sirih Hijau Yang Perlu di Ketahui

Ini Dia Khasiat dan Manfaat Sirih Hijau Yang Perlu di Ketahui
Khasiat dan Manfaat Sirih Yang Perlu di Ketahui - Anda pernah dengar istilah “ nyirih “ ? ini merupakan kebiasaan mengunyah daun sirih yang sering dilakukan oleh orang-orang tua dahulu, bahkan sampai saat ini masih banyak dilakukan. Dan seperti yang Anda lihat, kebanyakan gigi orang yang memiliki kebiasaan nyirih tetap kuat dan sehat, walaupun usianya sudah tua renta. Nah, inilah salah satu manfaat dari daun sirih yang telah banyak dibuktikan secara empiris. Dan perlu juga diketahui, bahwa ternyata masih banyak khasiat dan manfaat daun sirih bagi kesehatan kita.

Tanaman sirih dikenal dengan berbagai nama daerah seperti suruh, sedah ( Jawa ), seuruh ( Sunda ). Tanaman ini mempunyai ciri berdaun tunggal, warna cokelat kehijauan sampai cokelat. Helaian daun berbentuk bundar telur sampai lonjong, ujung runcing, pangkal berbentuk jantung atau agak bundar berlekuk sedikit, pinggir daun rata agak menggulung kebawah, permukaan atas rata, licin agak mengkilat, tulang daun agak tenggelam; permukaan bawah agak kasar, kusam, tulang daun menonjol, permukaan atas berwarna lebih tua dari permukaan bawah, tangkai daun bulat, warna cokelat kehijauan. Bagian yang digunakan adalah daunnya.( Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Sirih )

Senyawa Kimia : Minyak atsiri ( kavikol ), polivenol

Khasiat Empirik :

Daun untuk hidung berdarah ( mimisan ), bisul, batuk, sariawan, sakit mata. Kandungan dan efek farmakologi daun sirih : 4-alil-pirokatekol sebagai anti oksidan; alil-atekol, asparagin sebagai antisickling dan diuretik; cadinene sebagai anti feedant, perasa dan pemberi aroma; carvacrol sebagai anestetik, anthelminitk, antiatherosclerotik, antibakterial, antidiuretik, antiinflamasi, antimelanomik, antioksidan, antiplak, antiprostaglandin, antiseptik, antitusif, candidisida, karminatif, ekspektoran, fungisida, iritan, dsb; caryopphyllene sebagai analgesik, antibakteri, antifeedant, antispasmodik, antiacne dsb; cavicol sebagai fungisida dan nematisida; cineol estragol sebagai pencegah kanker, insektisida, antiagregant; eugenol sebagai analgesik, antibakteri, anestetik, antioksidan, antiseptik, cancer preventive; eugenol-metil-eter sebagai cancer preventive, DNA-binder, hypothermic, myorelaxant.

Cara Pemakaian :

  • Antiseptik, penghilang bau mulut, obat batuk : 2 lembar daun diseduh dengan air panas, setelah dingin diminum.
  • Keputihan : 7-10 lembar daun sirih direbus dengan 2,5 liter air mendidih. Air rebusan dalam keadaan masih hangat dipakai untuk membasuh seputar daerah kema*luan, lakukan secara berulang-ulang.
Catatan :
  • Untuk wanita usia produktif disarankan tidak menggunakan rebusan daun sirih secara berulang-ulang karena sifat dari senyawa yang terkandung dalam sirih bersifat mengeringkan mukosa rahim.