Khasiat dan Manfaat Akar dan Daun Landep

Khasiat dan Manfaat Akar dan Landep - Tumbuhan obat yang satu ini berasal dari Asia tropik dan Negara Afrika Selatan, kalau di Indonesia umumnya dapat Anda jumpai di daerah yang beriklim kering, tumbuh liar ditanam untuk pagar dari dataran rendah sampai 400 m di bawah permukaan laut.

Khasiat dan Manfaat Akar dan Daun Landep

Jenis tanaman ini menyerupai semak, tinggi 1,5 – 2 m. Batang berkayu, segi empat, berbuku-buku, berambut, berduri kuat yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. Daun : tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan, panjang tangkai daun 4 – 8 mm. Perbanyakan dengan menggunakan biji atau setek batang. Demikian ciri dan gambaran tanaman obat landep ( Barleria Cristata ). Lihat gambar berikut ini.

Oh ya, tanaman landep juga memiliki berbagai senyawa-senyawa kimiawi diantaranya : saponin, flavonoid, tannin, dan polifenol. Dan bagian yang bisa dipergunakan adalah daun dan akarnya.

Dari senyawa kimia yang dimiliki tanaman landep setelah di teliti, ternyata mampu mengobati berbagai penyakit seperti : Luka, rematik, sakit pinggang, demam, sakit perut, perut busung air, kencing kurang lancar dan juga nyeri pada gusi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba obat tradisional ini, berikut cara-cara pemanfaatannya.

Luka

15 g akar landep dicuci hingga bersih. Tambahkan ¼ sendok teh kapur sirih. Tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada luka.

Kurap / panu

Akar secukupnya lalu digiling halus, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis. Lalu diaduk merata sampai seperti bubur. Balurkan pada kurap lalu dibalut dengan kain bersih atau perban. Ganti 2 kali sehari, sampai sembuh.

Rematik, sakit pinggang, sakit kepala

1 genggam daun landep segar di cuci, lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk hingga merata sampai menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit. Bila sakit kepala, balurkan di kening.

Sakit gigi

Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.

 

Gusi nyeri dan berdarah

Daun landep segar di cuci, lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

 

Demam, sakit perut, kencing sedikit

1 genggam daun landep segar di cuci, lalu di seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin disaring, lalu diminum.

Demikian sahabat natural, semoga tips tentang khasiat dan manfaat landep bagi kesehatan, semoga bisa menambah wawasan Anda tentang obat tradisional yang ada di Indonesia.