Khasiat dan Manfaat Cokelat Untuk penderita Diabetes

Anda penggemar cokelat ? selamat ya, karena ternyata cokelat mempunyai khasiat istimewa lho, terutama untuk penderita penyakit diabetes mellitus ( kencing manis ) menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli baru-baru ini.

Apa Khasiat dan Manfaat Cokelat ?

Sebuah riset yang dilakukan oleh para ahli di Jerman menyimpulkan, secangkir minuman cokelat diyakini mampu memperbaiki kerja pembuluh darah pada penderita diabetes.Dalam riset tersebut, para ahli memperikan tiga cangkir minuman cokelat yang telah diformulasi secara khusus setiap hari selama sebulan kepada penderita penyakit gula ( diabetesi ).Hasilnya, pembuluh darah mereka yang semula rusak berat, berfungsi normal kembali.

http://obatnaturals.blogspot.com/2013/10/khasiat-dan-manfaat-cokelat-untuk.html

Diduga hal itu terjadi berkat flavanol, yang merupakan salah satu zat aktif yang terkandung pada cokelat.Selain cokelat, zat antioksidan tersebut juga terdapat pada beberapa jenis sayuran, buah-buahan, teh hijau, dan lain-lain.Beberapa studi lainnya juga telah mengungkap manfaat flavanol untuk kesehatan.

Dalam studi tersebut, para peneliti dari University Hospital Aachen, Jerman, menggunakan cokelat yang telah diperkaya dengan flavanol.Dr Malte kelm, yang memimpin riset mengatakan, flavanol bekerja dengan meningkatkan produksi nitricoxide, zat kimiawi di dalam tubuh yang akan membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.

Berapa batas komsumsi cokelat untuk diabetesi ?

Pengidap Diabetes Tipe II tentu boleh-boleh saja mengomsumsi cokelat untuk gaya hidup sehat mereka, tapi studi ini tidak bertujuan mendorong para penderita diabetes untuk mengomsumsi cokelat yang berlebihan.dia menambahkan riset tersebut menunjukkan asupan flavanol mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi berupa gangguan kardiovaskuler pada penderita penyakit kencing manis.