Mengenal Cengkeh dan Khasiatnya

Nama Latin : Eugenia aromatica

Cengkah merupakan tanaman berbentuk pohon, tinggi  3-6 m, berdaun banyak, berbentuk bulat telur, panjang 4-7 cm, lebar 3-5 cm.Bunga terletak pada pucuk pohon dan memiliki aroma yang khas yang kuat , dan rasanya pedas.

Cengkeh berasal dari maluku, kemudian dikembangkan di beberapa negara seperti Zanzibar, Amerika latin, dan Brasilia.Pohon cengkeh tumbuh di berbagai tempat di indonesia, biasanya di ketinggian 200-1.000 m dpl.

Perbanyakan tanaman cengkeh dengan menggunakan bijinya, biji biasanya disemaikan dulu didalam polybag.Mempersiapkan lubang yang akan ditanami dengan membuat lubang tanam ukuran 75x75x75 cm.Bibit dipindahkan kelahan setelah berumur 1 tahun.

Pemelharaan dengan melakukan penyulaman sebelum tanaman berumur 2 tahun, penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.

Khasiat Cengkeh :

Anestetika /Analgetika Gigi

Minyak cengkeh sudah terbukti mampu untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

Mengobati dan Mencegah Bau Mulut

Caranya ambil 10 butir cengkeh yang telah dicuci hingga bersih, kemudian diseduh dengan air panas sebanyak kurang lebih 200 cc, kemudian beiarkan beberapa saat hingga dingin, kemudian disaring dan airnya diminum.lakukan kebiasaan ini rutin setiap hari.

Mengobati Sinusitis

Ambil beberapa cengkeh yang telah dikeringkan, kemudian tumbuk hingga menjadi serbuk halus, kemudian sedot dengan hidung memakai pipet, gunakan seperlunya.

Inilah beberapa manfaat cengkeh yang dapat saya share buat Anda, bila masih ada khasiatnya yang belum disebutkan, silahkan komentar ya !!!
Salam sehat