Apa manfaat Adas bagi Kesehatan Anda ?

Nama Latin : Foeniculum Vulgare

Adas merupakan jenis tanaman yang mempunyai karakterisitik berbentuk batang beralur tumbuh tegak, dan memiliki bau yang sangat khas.Bunga berbentuk payung, berwarna kuning, bagian yang sering dimanfaatkan adalah buah yang telah masak.

Adas biasanya hidup didataran rendah sampai pada ketinggian 1.800 m dibawah permukaan laut ( dpl ).Tanah yang paling disukai adalah tanah yang subur dan mengandung cukup kapur.

Cara budidaya tanaman ini diperbanyak dengan biji atau dengan memisah anak tanaman.Biji dapat langsung ditanam di kebun dengan jarak tanam 50 cm.Tiap hektar diperlukan kurang lebih 4 kg biji.

Panen dilakukan pada waktu buah hampir masak, dilakukan dengan memotong batang tanaman.Setelah dijemur dipanas matahari hingga kering, batang dipukul-pukul hingga buah terlepas.Buah dikumpulkan dan ditampilkan memisahkan buah.Produksi rata-rata 600-800 kg dalam tiap hektarnya.

Zat Kimia yang terkandung dalam tanaman Adas :

Minyak atsiri, limonen, asam lemak, felandren, asam anisat, dan anetol. Kandungan anetol menyebabkan adas mengeluarkan aroma khas yang berkhasiat karminatif. Akar dari adas memiliki kandungan bergapten , akar dan biji juga mengandung stigma sterin ( serposterin ).

Khasiat Tanaman Ada bagi Kesehatan :

Buah adas yang telah diekstrak atau disuling biasanya berbentuk butiran serbuk, yang memiliki sensasi rasa manis dan pahit, dalam industri obat-obatan serbuk adas ini biasanya digunakan sebagai pengharum ramuan dan untuk memperbaiki rasa, disamping itu adas juga memilki khasiat yang tidak kalah pentingnya seperti : Merangsang organ pencernaan agar tetap sehat dan bekerja optimal, dapat melancarkan buang air besar ( BAB ), mengobati masuk angin, membantu mengeluarkan dahak yang kental pada penderita batuk, menghangatkan badan, penambah nafsu makan, melancarkan haid yang tidak teratur, dan juga dapat mengobati masalah gangguan tidur ( Imsomnia ).

Cara Pemakaian

Gunakan buah adas lebih kurang 3-9 gram dengan cara di rebus, minum atau buah adas digiling halus, lalu diseduh dengan air panas ( mendidih ) selanjutnya dapat di minum selagi hangat. Daun di makan sebagai sayuran atau di rebus, lalu diminum. Nah, untuk pemakaian luar buah kering digiling halus lalu dapat digunakan untuk pemakaian lokal pada kondisi sakit gigi, sariawan,  luka dan sakit telinga. Minyak adas juga bisa juga digunakan untuk menggosok tubuh anak yang sedang mengalami maskuk angin.

Efek Farmakologis dari Hasil Penelitian

  • Meningkatkan peristaltik usus ( saluran cerna ) dan menstimulasi flatus ( buang angin )
  • Anisaldehida sebagai komponen aktif yang terdapat di dalam adas dapat meningkatkan khasiat antibotika streptomycin yang biasa digunakan pada pengobatan TBC ( Tuberkolosis ) pada tikus percobaan.
  • Menghilangkan dingin dan dahak
  • Dari satu penelitian yang dilakukan pada manusia dewasa, menunjukkan bahwa adas memiliki efek penghancur batu ginjal.
  • Minyak adas yang kaya akan zat anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldelhid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan juga bekerja sebagai stimulan selera makan.

Beberapa Contoh Pemakaian :


Batuk
Siapkan serbuk adas lebih kurang 5 gram, kemudian di seduh dengan ½ gelas air mendidih. Setelah dingin, jangan lupa di saring terlebih dahulu untuk memisahkan ampasnya, tambahkan 1 sendok madu untuk memberi rasa manis alami, dan aduk hingga benar-benar rata. Minum sekaligus dan lakukan cara ini 2 kali sehari, sampai Anda benar-benar sembuh.

Sesak Napas
Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes dan diseduh dengan menggunakan air panas 1 sendok makan. Minum selagi hangat 3 kali sehari sampai sembuh.

Sariawan
Siapkan adas lebih kurang ¾ sendok the ( seujung sendok the ), ketumbar ¾ sendok the, daun iler 1/5 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun saga ¼ genggam, daun sembung ¼ genggam, pegagan ¼ genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari ¾ jari, rimpang lempuyang wangi ½ jari, rimpang kunyit ½ jari, kayu manis ¾ jari, gula merah 3 jari, semua bahan di cuci dan di potong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi semuanya di rebus dengan air sebanyak 4 ½ gelas, biarkan hingga tersisa separohnya. Setelah dingin dan setelah di saring terlebihd ahulu dapat diminum 3 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

Keracunan Tumbuhan Obat atau Jamur
Siapkan serbuk dari buah adas sebanyak 5 gram, jangan lupa menyeduhnya dnegan air panas setengah cangkir arak. Di minum selagi hangat.

Batu Empedu
Gunakans erbuk buah adas sebanyak 5 gram, seduh dnegan 1 gelas air panas, dan baru boleh diminum setelah dingin. Lakukan setiap hari.

Beberapa Catatan :
  • Untuk pengobatan harus tetap dilakukan dengan operasi yaitu menutup lubang saluran yang ada. Adas hanya berfungsi untuk menaikkans ementara usus yang turun ke lipat paha.
  • Hindari menggunakan ads dalam dosis besar.
  • Pemakaian buah adas terkadang menyebabkan sering buang angina dan sendawa.
  • Buah adas juga efektif sebagai pengusir serangga  ( insect repellent ).
Ternyata banyak ya khasiat yang dapat diperoleh dari Ekstrak Adas, mari kita manfaatkan tanaman obat di lingkungan kita, murah dan tanpa efek samping.
Salam sehat