7 Khasiat Istimewa Buah Naga

Buah Naga ( Hylocereus undatus ) merupakan tanaman tahunan yang menyerupai kaktus, bunga berbau wangi, sehingga serangga banyak yang hinggap untuk membantu penyerbukan.Kulit buah bersayap banyak, warna kulit merah muda, berat buah 400-1.000 gram lebih.Buah mentah biasanya berwarna hijau, setelah masak berubah menjadi berwarna merah.Isi buah berwarna putih, merah atau ungu dengan taburan biji-biji berwarna hitam yang juga dapat dikomsumsi.Rasa buah biasanya agak masam, banyak mengandung air, Vitamin C dan karotenoid,B1,B2,B3 dan Zat antioksidan.

Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat, mudah tumbuh pada daerah tropik dengan cahaya matahari cukup dan sistem pengairan baik.tanah yang paling disukai tumbuhan ini adalah yang berpasir serta kaya akan bahan organik.Buah naga diperbanyak dengan menggunakan biji atau turus batang.Pengembangan dengan turus batang lebih banyak dilakukan karena batang tumbuh lebih cepat.Perbanyakan dengan menggunakan biji kering, terlebih dahulu harus disemaikan di dalam polybag.

Karena merupakan jenis tanaman menjalar maka memerlukan ajir atau penyokong untuk membantu pertumbuhan batang.Ajir diperlukan untuk mengikat batang supaya tidak mudah patah.jarak tanam 80x100 cm.

Tanaman tidak terlalu memerlukan banyak penyiraman, cukup seminggu sekali dan tidak saat musim hujan.
Pemangkasan dilakukan pada cabang yang tumbuh sangat panjang.tanaman biasanya mulai berbuah setelah berumur 2 tahun.

Buah naga diyakini memiliki beragam khasiat yang istimewa diantaranya :

Mencegah Kanker Usus
Kandungan anti oksidan yang terdapat dalam buah naga mampu mencegah zat-zat karsinogen dan menghambat pertumbuhansel-sel kanker dalam tubuh, khususnya mencegah kanker usus.

Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini dapat dicegah dengan mengkomsumsi buah naga oleh karena mengandung zat antioksidan yang mampu mengeluarkan racun-racun akibat terpapar polusi setiap hari, sama efektifnya dengan buah apel.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Selain kandungan Vitamin B1 & B2, Buah naga juga menyimpan banyak Vitamin B3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah sehingga mampu meminimalisir penyakit akibat kolesterol seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

Merangsang Nafsu Makan
Bagi Anda yang selera makannya menurun dapat mencoba mengkomsumsi buah naga untuk merangsang nafsu makan Anda, karena buah naga mengandung Vit B1 & B2 yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tentu saja karena kandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah naga akan memberikan efek peningkatan kekebalan tubuh secara menyeluruh.

Mencegah Diabetes
Buah naga juga diyakini mengandung semacam zat yang mempunyai peran penting dalam mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal dan terkontrol sehingga dapat meminimalisir resiko terserang penyakit diabetes mellitus.

Mempercantik kulit
Kandungan Vitamin C dan antioksidan dari buah naga mampu menghambat radikal-radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah terutama pada kulit.

Catatan :
Bagi penderita gangguan Lambung ( Maag ) sebelum mengkomsumsi buah naga perlu konsultasi dengan dokter, karena buah naga yang memiliki rasa yang agak asam kurang baik dikomsumsi untuk penderita penyakit maag.

Itulah 7 khasiat istimewa dari buah naga, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Anda, dan selalu jaga kesehatan anda dengan melakukan pola hidup yang sehat.
Salam sehat...!!!