Belimbing Wuluh - Anti Hipertensi

Nama latin : Averrhoa bilimbi

Botani

Berupa pohon, tinggi 4-5 m.daun berwarna hijau muda hingga hijau kecoklatan, bentukjorong, ujung daun runcing.Permukaan bawah lebih halus daripada permukaan atas.bunga berwarna merah, keluar dari batang maupun cabang.Buah berbentuk lonjong, panjang 3-6 cm, dan rasa sangat asam.

Ekologi

Berasal dari Indonesia kemudian menyebar ke daerah tropika lain.Belimbing wuluh tumbuh dengan baik didataran rendah maupun pegunungan, memerlukan udara yang beriklim kering.

Budidaya

Penanaman dilakukan dengan cangkok.Walaupun buahnya mengandung biji, tetapi bijinya kecil sekali, sehingga sulit dikecambakan untuk dibuat bibit.


Khasiat :
- Anti hipertensi
Ambil beberapa buah belimbing wuluh, dicuci sampai bersih, kemudian dipotong-potong baru direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih biarkan hingga kira-kira tinggal 1 gelas, kemudian dinginkan dan diminum rutin setelah sarapan pagi.

NB.Tidak dianjurkan pada penyakit hipertensi dengan komplikasi maag, penderita yang mempunyai kadar asam oksalat yang tinggi dalam urine.

- Gusi berdarah
Cuci bersih belimbing wuluh kemudian dikomsumsi langsung kurang lebih 2 buah setiap hari secara rutin.

- Mengobati dan mengurangi Jerawat
Siapkan 3 buah belimbing wuluh yang segar, kemudian diparut dan tambahkan sedikit garam halus, kemudian balurkan pada kulit yang berjerawat.

- Obat Batuk
Ambil buah, bunga, daun yang sama banyaknya kemudian dibersihkan baru direbus biarkan mendidih kurang lebih 30 menit, kemudian dinginkan baru diminum.